Kenali Jenis-Jenis Genset di Sini!

Kita semua tentu pernah merasakansituasi mati lampu. Pemadaman listrik dlakukan tanpa pemberitahuan terlebihdulu. Akibatnya, tentu memengaruhi aktivitas, kinerja, dan pendapatanseseorang. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak pihak yang menggunakansolusi tepat agar tidak mengalami risiko kerugian, yaitu dengan menggunakangenset.

Genset atau dikenal dengansebutan generator set adalah perangkat yang berfungsi menghasilkan aliran/dayalistrik. Ada beberapa jenis genset yang bisa Anda dapatkan di ralali.comsebagai marketplace terbesar di Indonesia jual beragam jenis generator listrik diantaranya ialah genset Diesel, Genset Portabel, Genset Mini, Genset Solar, Genset Gas dll,Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.


Genset Gas

Seperti namanya, genset inimennggunakan bahan bakar gas. Jenis gas yang digunakan untuk genset ini adalahgas yang berasal dari olahan gas bumi, baik gas yang diolah menjadi LPG atauCNG. Genset gas yang menggunakan gas LPG banyak digunakan di rumah-rumah karenalebih mudah didapatkan. Sedangkan genset gas yang menggunakan bahan bakar CNGbanyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk kepentingan industri.

Genset Diesel

Genset ini disebut juga denganpembangkit listrik. Mesin ini banyak digunakan oleh banyak orang atauperusahaan karena mampu menampung kapasitas daya yang sangat besar. Kapasitasoutputnya sangat bervariasi yaitu mulai dari 5.000 watt sampai 2.000.000 watt.

Cara kerja mesin ini menggunakanprinsip kombinasi antara mesin pembakaran dengan generator listrik. Kelebihanmenggunakan genset jenis ini antara lain:

Lebih tahan lama dan memiliki torsi. Torsi adalah sesuatu yang bisa memasoklisttrik untuk menjalankan generator. Cadangan yang terdapat pada genset inibisa digunakan untuk keperluan yang kritis, misalnya di rumah sakit, di tempatbencana alam karena jumlahnya sangat besar. Tidak membutuhkan perawatan khusussehingga biaya perawatannya lebih murah.

Genset Portable

Genset ini digunakan khusus untukdiluar ruangan (outdoor), misalnyauntuk konser musik, kemping dimana kegiatan tersebut membutuhkan pemasukanlistrik sebagai penerangan. Sebelum membeli genset portable ada baiknyamengetahui terlebih dulu seberapa besar tenaga listrik yang dibutuhkan.

Ada beberapa manfaat jika Andamenggunakan genset portable, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Seperti namanya, genset iniringan dan fleksibel, mudah dipindahkan.
  • Tersedia dalam beberapa pilihanukuran dan profil.
  • Mudah diisi ulang, tidak berisik.
  • Tidak memerlukan ruangan khususpenyimpanan.
  • Ramah lingkungan karena tidakmengeluarkan asap.

Genset Solar

Generator jenis ini banyakdigunakan di rumah yang ditempatkan umumnya di bagian atas rumah ditambahdengan solar panel. Biasanya jenis genset ini digunakan untuk membantupengoperasian alat-alat yang membutuhkan listrik yang tinggi. Selain itu, gensetsolar bisa digunakan pada sistem AC, tenaga cadangan.

Genset solar juga banyakdifungsikan di tempat-tempat komersial, seperti tempat konser musik, pameran,dan lainnya.

Kelebihan genset solar antaralain adalah sebagai berikut.

  • Pengguna lebih merasa aman karenagenset ini tidak memiliki busi sehingga dari segi keamanannya lebih terjamin.Disarankan menyimpan genset ini di luar ruangan yang sirkulasi udaranya baik,karena genset ini mengeluarkan asap karbon dioksida.
  • Lebih awet dan bisa digunakandalam jangka waktu yang lama (berjam-jam).
  • Bahan bakarnya menggunakan solar.Penggunaan solar lebih murah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Fungsi dan manfaat genset tidakbisa dielakkan dari kehidupan manusia. Terlebih di daerah-daerah terpencil yangbelum terjangkau oleh listrik, alat ini sangat bermanfaat saat diadakan acarahajatan atau pentas seni.

Selain itu, ketika terjadibencana alam biasanya menyebabkan intalasi listrik rusak, maka genset saat itusangat membantu dan menjadi kebutuhan pokok. Dengan adanya teknologi gensetwalaupun mati lampu, aktivitas dan pekerjaan masih bisa dilakukan.