Oven


Oven adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi untuk memanggang, memanaskan, dan juga mengeringkan makanan. Pada dasarnya, oven ini berfungsi untuk memanggang makanan sampai menjadi matang, dan siap di makan.Dari segi sumber daya pengoperasian, oven terbagi menjadi 2 jenis, yakni oven listrik dan oven gas.


Oven Listrik

Oven listrik terkesan lebih simpel dan juga praktis. Oven listrik ini tidak membutuhkan banyak tempat untuk meletakkannya, sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kesan minimalis. Selama pengoperasiannya, oven listrik ini akan mengatur panas secara otomatis. Pada oven listrik ini dilengkapi dengan fitur Timer, dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas lain tanpa perlu memikirkannya, sebab oven akan mati dengan sendirinya.Tidak hanya itu saja, oven listrik pun memiliki sejumlah fitur pengapian dengan konsumsi listrik yang berbeda-beda. Ada 3 jenis pengapian yang bisa Anda gunakan, antara lain pengapian api atas, api bawah serta api atas bawah. Dari ketiga jenis pengapian listrik tersebut, jenis pengapian dengan konsumsi listrik yang paling besar adalah pengapian atas bawah.


Oven Gas

Tidak seperti oven listrik, oven gas ini membutuhkan tempat yang cukup luas. Tidak hanya memiliki ukuran yang besar, pemilik pun harus memiliki tempat untuk meletakan tabung gas (LPG).Dari segi harga, harga oven gas ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis oven listrik. Untuk masalah fitur, pada oven gas ini tidak mempunyai fitur apa pun. Semua proses pemanggangan yang dapat dilakukan otomatis di oven listrik harus dilakukan secara manual ketika menggunakan oven gas.Selain itu, nyala api pada oven gas pun tidak pernah mati secara otomatis, tidak seperti oven listrik. Untuk mematikannya harus dilakukan secara manual.Dari segi jenis produksi, oven terbagi menjadi 4 antara lain:

Oven skala rumah tangga

Jenis oven ini umumnya dioperasikan menggunakan api berasal dari kompor, entah itu kompor minyak ataupun kompor gas. Selain itu oven untuk rumah tangga ini tidak dilengkapi fitur pengatur suhu dan juga timer. Biasanya digunakan untuk skala kecil.


Oven Semi Profesional

Oven semi profesional adalah jenis oven yang biasanya dioperasikan menggunakan kompor gas ataupun kompor listrik. Berbeda dengan oven skala rumah tangga, oven semi profesional ini dilengkapi dengan pengatur suhu ataupun timer. Jenis oven yang satu ini biasanya digunakan di sejumlah usaha roti dengan kapasitas produksi yang bisa dikatakan tidak terlalu besar.

Oven Profesional

Oven profesional adalah salah satu jenis oven yang pengoperasiannya menggunakan listrik, namun ada pula pula yang menggunakan gas. Pada oven ini dilengkapi dengan fitur timer dan juga pengatur suhu atas serta bawah, selain itu dilengkapi pula dengan sinyal fitur suara jika proses pemanggangan suda selesai. Biasanya oven ini dipakai oleh toko roti atau sejenisnya dengan kapasitas produksi yang banyak serta membutuhkan proses yang cepat.

Oven Industri

Sesuai dengan namanya, oven yang satu ini berskala besar, mempunyai panjang sekitar 10 – 100 meter, dengan lebar 50 – 150 meter. Oven industri ini mempunyai fitur pengatur suhu, timer dan juga pengatur ekstraksi udara. Selain itu, setiap zone ataupun bagian pemanggangan oven bisa diatur suhunya berbeda satu sama lain.


Jual Oven Berkualitas

Ralali.com jual oven murah dan berkualitas terbaik. Tersedia harga oven dengan beragam pilihan jenis dari merek ternama seperti Oven Modena, Oven Masema, Oven Denpoo dan merek ternama lainnya. Untuk melihat daftar harga oven listrik dan oven gas terbaru, bisa Anda lihat di kategori ini.