Sambungan pipa atau valve

Sambungan pipa atau valve adalah alat penyambungan dua buah pipa maupun lebih untuk mengalirkan air yang biasanya berbentuk tee, elbow, reducer dan masih banyak lagi bentuk pipa yang lainnya. Dengan berbagai jenis pipa atau valve berikut jenis valve dan fungsinya :

Jenis-jenis Valve


Gate Valve
Gate Valve adalah jenis valve yang sering digunakan sebagai sistem perpipaan, fungsi dari jenis valve ini ialah membuka dan menutup aliran pada pipa dengan cara diputar, dan jenis valve ini tidak dipergunakan untuk mengatur besar ataupun kecilnya aliran. Keunggulan valve jenis ini sedikitnya resistan saat dibuka lebar, karnanya aliran bisa maksimal.
Globe Valve
Globe Valve adalah jenis valve yang digunakan pada sistem pengaturan besar kecilnya aliran yang diperlukan. Dengan valve ini besar kecilnya aliran yang lewat dapat diatur dengan mudah mudah. Globe valve lebih efisien karna bidang dudukan valve sejajar dengan aliran zat dan ketika mengatur besarnya aliran minimum erosi piringan dan dudukan. Namun demikian tahanan didalam valve cukup besar.
Angle Valve
Serupa dengan globe valve, valve jenis ini juga dipakai pada keadaan pengaturan besarnya arus diperlukan (throttling). Hanya saja angle valve ini di buat memakai sudut 90°, dengan ini akanmeminimalkan penggunaan fitting tambahan lainnya.
Check Valve
Check Valve ini sungguh berbeda dengan Gate Valve dan Globe Valve, pada jenis ini di buat untuk menangkal aliran balik atau arus balik zat, mempunyai beberapa jenis check valve dan hanya 2 jenis yang paling banyak digunakan yakni Swing Check and Lift Check. Jenis yang pertama yaitu Swing Check umumnya di sandingkan dengan Gate Valve, dan Lift Check pada umumnya digunakan untuk menukar fungsi dari Ball Valve.
Ball Valve
Sebagai opsi yang murah dari berbagai jenis valve yang lain, Ball Valve memakai bola logam dan di bagian tengah ada bolongan yang diapit oleh dudukan valve untuk mengatur aliran zat, acap kali digunakan untuk metode hydrocarbon dan ball valve yang sanggup mengoprasikan besarnya aliran gas maupun uap terlebih untuk tekanan rendah, bentuknya yang sederhana, mengurangi turunnya tekanan pada saat di buka.
Butterfly Valve
Butterfly Valve adalah jenis yang mempunyai konstruksi yang khas diantara valve yang lainnya, menggunakan sudut 90° dengan plat bundar yang dioprasikan oleh ankle untuk letak pembukaan penuh maupun sebaliknya. Butterfly valve ini mempunyai penurunan tekanan yang minim, sangat cocok untuk penggunaan on-of (throttling), dan baik untuk mengatur aliran zat gas maupun cair dengan volume yang cukup besar.
Relief Valve
Mempunyai bentuk khusus dengan kegunaan melepas tekanan berlebih pada sistem perpipaan yang mencegah rusaknya equipment, dan yang lebih utama menghindari cedera pada pekerja, valve ini mampu melepaskan peningkatan tekanan sebelum menjadi lebih berbahaya, karnanya fungsi dari Relief Valve sangat berbeda dari valve lainnya. Jenis ini memakai pegas baja dan otomatis terbuka apabila mendekati ataupun mencapai level yang tidak aman, level ini pun dapat diatur sesuai tekanan, dan dapat diatur pada tekanan berapa level akan di buka begitu pun ketika tekanan kembali pada level normal, valve akan otomatis tertutup lagi.

Jual Sambungan pipa atau Valve dengan harga terjangkau


Jual Valve Harga Murah. Daftar harga dari jenis sambungan pipa yaitu Valve Gate, Valve Globe, Valve Angle, Valve Check, Valve Ball, Valve Butterfly, Valve relief, dan lain-lain. Tersedia sambungan pipa yang terlengkap dari brand yang terpercaya antara lain American Standard, Onda, Dcota, Astralpool dan masih banyak lagi brand lainnya hanya di ralali.com.